Friday, 4 January 2019

Jalan-Jalan dan Terapi Ikan di Wisata Air Sumber Krabyakan, Lawang – Malang

Wisata Air Krabyakan, Malang. pretty-moody.com
Wisata Air Krabyakan, Malang
Akhirnya kesampaian juga bikin post tentang traveling atau jalan-jalan. Yha, meskipun jalan-jalannya cuma dideket-deket sini aja, saya tetap pengen bikin postnya. Biar kata ‘traveling’ enggak cuma ada di headline-nya aja, tapi emang beneran ada postnya. Meskipun jalan-jalannya hanya dekat sini, siapa tahu bisa jadi referensi buat teman-teman yang lagi mau liburan ke Malang.

Kali ini saya jalan-jalan ke wisata air dan terapi ikan di Sumber Krabyakan, Lawang-Malang. Di dalam wisata air ini ada kolam renang dan kolam untuk terapi ikan. Tempatnya berada di bawah bukit dan di tengah-tengah area sawah. Jadi bisa dibayangkan kalau suasana di Wisata Air Krabyakan ini benar-benar suasana desa, village vibe banget. Cocok buat yang sudah bosan dengan suasana kota yang macet dan bising karena di Krabyakan ini tenang dan adem banget.

Wisata Air Krabyakan, Malang, pretty-moody.com
Wisata Air Krabyakan, Malang
Untuk sampai ke wisata air, dari tempat parkir, harus jalan sekitar 200 meter menyusuri area persawahan. Di sisi kanan sawah-sawah dan sisi kiri sungai dari aliran sumber alami Krabyakan. Sudah bisa membayangkan suasana persawahan dan sungai yang masih alami?

Setelah jalan dari tempat parkir, kemudian melewati jembatan kecil untuk sampai ke loket. Harga tiket masuknya 5.000 saja per orang. Kalau mau berenang bayar 2.000 per orang, dan untuk terapi ikan 3.000 per orang.

Menikmati sensasi terapi ikan

Kalau pergi ke mall pasti sudah sering menjumpai terapi ikan. Kalau yang di mall saya enggak mau coba karena airnya tidak mengalir alis dan berpotensi transfer panu. Tapi kalau di Sumber Krabyakan ini kolamnya masih alami, hanya dikelilingi batu-batuan dan air didalamnya berasal dari sumber alami dan selalu mengalir. Jadi resiko transfer panu sedikit berkurang.


Selain itu, ukuran ikan didalam kolam bervariasi; ada yang besar dan kecil dalam satu kolam. Saat nyemplungin kaki di dalam kolam, rasanya jadi nano-nano. Kalau pas digigit ikan kecil, rasanya kaya dihelitikin, tapi kalau ikannya besar rasanya kaya dicakar kucing tapi enggak berdarah. Waktu pertama kali coba terapi ikan ini memang kaget waktu ‘dimakanin’ ikan karena geli, tapi lama-lama udah biasa.

Saya sebenarnya juga enggak terlalu paham dengan manfaat terapi ikan ini. Tapi entah kenapa rasanya pengen terapi terus dan terus. Mungkin karena suasana pedesaan yang tenang, anti bising, dan polusi membuat pikiran tenang juga. Sensasi ‘dimakanin’ ikan juga bikin saya ketagihan. Geli-geli gimana gitu.

Wisata Air Krabyakan, Malang, pretty-moody.com
Wisata Air Krabyakan, Malang
Fasilitas di Wisata Air Krabyakan

Fasilitas di Wisata Krabyakan ini minimalis dan sangat standar. Tempat ibadah dan toilet banyak dan bersih dengan air dari sumber alami. Tempat makan juga tersedia banyak dengan menu khas pedesaan. Kalau saya sih biasanya pesan gorengan dan dimakan sambil terapi ikan sambil pura-pura lupa sama berat badan. Selain itu juga banyak gazebo yang cocok banget untuk piknik.

How to get there

Lokasi Wisata Air Krabyakan ini memang sedikit terpencil dan jauh dari jalan besar. Maklum tempatnya di tengah sawah gitu. Tapi meski agak jauh tetap mudah dicari karena jalannya cuma lurus saja. Kalau dari arah Surabaya, belok kiri di gang kecil dekat Depot Mungil, kemudian lurus sekitar 1-2 kilometer. Kalau dari arah Malang harus putar balik dulu di bawah flyover kemudian ambil jalur yang sama. Mengingat jarak yang cukup jauh dari jalan utama, disarankan untuk membawa kendaraan sendiri karena enggak ada angkutan umum yang menuju ke sana.

Secara fasilitas memang cukup standar, tapi kalau memang niat ingin mencoba terapi ikan, Wisata Air Krabyakan ini cocok banget. Kalau saya sih suka dengan suasana pedesaan yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Terapi ikannya saya juga suka karena lucu aja kaki saya dikerumunin ikan kecil-kecil.

Apakah kamu tertarik untuk ke Wisata Air Krabyakan juga? Jangan lupa mampir ya kalau berkunjung ke Malang.

I’ll see you on the next post. Bye.

0 comments:

Post a comment