Wednesday, 9 January 2019

Anti Ribet! Begini Cara Menghilangkan Komedo di Rumah

Cara mudah menghilangkan komedo, pretty-moody.com
Cara mudah menghilangkan komedo

Sebel sama komedo yang bikin hidung bergerigi? Sama. Saya juga. Sebel banget deh sama komedo yang bikin hidung terlihat enggak rata apalagi saat pakai makeup. Komedo adalah salah satu masalah kulit yang bandel dan susah dihilangkan. Bahkan ada beberapa orang yang perlu melakukan perawatan khusus untuk menghilangkan komedo membandel. Yha, kalau ada dana yang cukup, lebih enak pakai perawatan di klinik. Tapi, buat yang kikir macam saya ini perawatan menghilangkan komedo di rumah juga bisa kok. 

Sebelum mencoba perawatan di rumah untuk menghilangkan komedo, perlu dipahami bila hasilnya bisa aja berbeda tergantung dari beberapa faktor. Pertama, berdasarkan seberapa rajin dan telaten melakukan perawatan. Kedua, seberapa parah kondisi komedo. Tentu saja semakin banyak komedo akan lebih lama hilangnya. Ketiga, seberapa tokcer produk yang digunakan. Sebagai referensi produk yang digunakan tidak perlu sama persis dengan yang saya pakai, ini hanya referensi saja. Kurang lebih langkah-langkah perawatannya seperti ini.

Scrub/eksfoliating

Cara mudah menghilangkan komedo, pretty-moody.com
Cara mudah menghilangkan komedo
Langkah perawatan yang pertama adalah scrub atau eksfoliating. Boleh pakai physical scrub atau scrub dengan butiran beads. Bisa juga pakai chemical eksfoliator yang sedang ngetren belakangan ini. Tujuan scrub atau eksfoliating adalah untuk membersihkan kotoran sampai ke pori-pori. Proses ini juga membantu komedo agar lebih cepat hilang. Saya biasanya pakai physical eksfoliator, yaitu Biokos 30sVital Nutrition Exfoliating Lotion.

Pemilihan scrub atau eksfoliator ini juga enggak boleh ngawur ya. Harus memperhatikan jenis dan tingkat sensitifitas kulit misalnya nih kalau kulit berjerawat dan sensitif, sebaiknya hindari physical eksfoliator. Ada yang cocok dengan scrub, ada yang lebih cocok dengan chemical eksfoliator. Pokoknya pahami dulu jenis dan kondisi kulit yang sekarang.

Pore Strip

Cara mudah menghilangkan komedo, pretty-moody.com
Cara mudah menghilangkan komedo
Setelah scrub dan eksfoliating, langkah selanjutnya adalah penggunaan pore strip. Untuk menghilangkan komedo, pore strip ini cukup ampuh lho. Pore strip sifatnya seperti lem atau isolasi yang nempel ketat di kulit. Jadi, pas ditarik komedo akan langsung terangkat dan berkurang dengan drastis. Ada banyak jenis pore strip yang tersedia di pasaran, yang paling populer adalah Biore pore pack ini. Saya juga selalunya pakai ini soalnya mudah didapat dan murah tapi efektif. Yang paling efektif menurut saya varian yang hitam karena lebih lengket dan komedo yang terangkat lebih banyak.

Masker

Cara mudah menghilangkan komedo, pretty-moody.com
Cara mudah menghilangkan komedo
Langkah terakhir adalah menggunakan masker. Masker ini fungsinya sama dengan scrub atau ekfoliating. Masker juga berfungsi untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Masker yang cukup efektif untuk membersihkan komedo adalah masker jenis peel off, terutama jenis charcoal dan juga jenis masker lumpur atau clay mask. Nah, masker ini berfungsi untuk menghilangkan sisa komedo yang tidak terangkat oleh dua langkah sebelumnya.

Kapan sebaiknya perawatan dilakukan?

Yang tidak kalah penting saat melakukan perawatan komedo ini adalah memilih waktunya. Scrub, masker, dan pore strip, semua perawatan ini tidak boleh dilakukan setiap hari. Masuk akal sih kalau dilakukan setiap hari pasti hasilnya lebih cepat kan. Iya lebih cepat, termasuk cepat iritasi juga.
Serajin-rajinnya kamu pakai skincare dan melakukan perawatan, kalau untuk menghilangkan komedo ini cukup lakukan 2-3 kali saja dalam satu minggu. Dengan catatan penggunaan pore strip dan masker peel off diselang-seling. Misalnya hari ini kamu melakukan scrub, terus pakai pore stip, kemudian usahakan pakai masker yang melembabkan. Sebaliknya, kalau kamu enggak pakai pore strip, usahakan pakai masker peel off.

Kalau pakai dua perawatan yang sifatnya sama-sama di peel-off atau dikelentek secara bersamaan, yang ada kulit malah iritasi dan perih. Nah, selain langkah-langkah diatas, kamu juga bisa memodifikasi langkah dan waktu perawatan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit.

Satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah langkah menghilangkan komedo ini tidak instan. Jangan berharap masih satu minggu melakukan perawatan, terus komedo bakalan minggat. Enggak semudah itu, Ferguso. Perawatan ini baru terlihat hasilnya dengan pemakaian secara rutin selama paling tidak satu bulan. Lama ya? Perawatan di klinik kecantikan juga pasti enggak bisa satu kali terus komedo langsung hilang, kan. Pasti butuh beberapa kali perawatan.

Gimana, tertarik untuk mencoba cara mudah menghilangkan komedo ala saya? Kalau sudah coba, jangan lupa share di komentar ya.
I’ll see you on the next post.

14 comments:

  1. Aku udah coba yg biore pore black tapi kayaknya zonk deh, komedoku banyak bgt, bikin ga PD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku awalnya juga enggak berhasil, tapi setelah berkali-kali pakai rasanya rada berkurang itu komedonya.

      Delete
  2. Thank you mbak. Have Shared iyaa mbak aku juga dulu rajin banget pakai scrub sampai wajahku berdarah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan. Semoga tipsnya bermanfaat ya. Kalau pakai scrub memang enggak boleh pas ada jerawat dan pakainya juga enggak boleh sering-sering lho.

      Delete
  3. Keren nih tips nya, dari pada ke salon kan ya? hehe... biar hemat

    ReplyDelete
  4. Aku pnya komedo sebernya ngak banyak, tapi memang hrs rutin dibersihkan biar ngak jerawatan. Beberapa produk sdh aku coba yg diatas memng lumayan sih angkat komedonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang komedo biasanya jadi cikal bakal jerawat. Lumayan kalau bisa dihilangkan sendiri di rumah. Bisa agak ngirit.

      Delete
  5. aman nggak buat kulit sensitif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung produknya. Pilih aja produk serupa tapi yang khusus kulit sensitif. Kalau kulit saya tipe kering soalnya.

      Delete
  6. Aku pernah nyobain biore tapi gak bekerja sama sekali diaku , kalo untuk pore stip aku lebih suka pake acnes dan belakangan ini lagi nyobain pore balm nya wardah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku malah belum pernah nyobain pore strip acnes. Kalau wardahpore balm sempet pengen pakai, tapi lupa terus pas mau belinya.

      Delete
  7. Makasih kak buat tipsnya, layak dicoba nih!

    ReplyDelete