Tuesday, 7 March 2017

Review Mineral Botanica Brush Set and Studio Series, Kuas Makeup Murah Berkualitas

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Mineral Botanica Brush Set
Hello peeps,

Seberapa penting sih kuas makeup buat teman-teman? Yang doyan lenongan pasti jawabnya 'ya penting banget lah'. Memang salah satu alat perang ketika pakai makeup adalah kuas. Sebenarnya suh bisa banget pakai tangan atau aplikator bawaan, tapi buat saya apply makeup dengan tangan secara langsung itu malah bikin riasan kotor karena tangan sudah tercampur berbagai macam produk dan warna. Pada dasarnya, kuas yang dibutuhkan untuk makeup juga enggak perlu yang mahal atau branded, yang penting bagus dan enak dipakainya aja. Saya dulu-dulu beli kuas tanpa merek yang satu set 30 ribu dapet 6 biji. Memang sih enggak terlalu enak dipakai, tapi sedikit membantu.

Semakin sering saya lihat tutorial makeup di Youtube dari berbagai beauty guru, satu hal yang saya perhatikan adalah untuk mendapatkan riasan yang bagus perlu kuas yang tepat. Perlu digaris bawahi bila tepat disini bukan mahal atau branded ya, tapi jenis yang tepat. Maksudnya untuk aplikasi eyeshadow ya pakai kuas eyeshadow, untuk blending ya pakai kuas blending, untuk contour ya pakai angled brush, untuk bedak ya pakai powder brush, dan lain sebagainya. Dengan jenis kuas yang tepat, maka aplikasi makeup akan semakin mudah dan hasilnya jauh lebih bagus.

Dengan tekad dan hati yang bulat, saya memutuskan untuk berinvestasi dengan membeli brush yang kualitasnya bagus dan berguna. Jadi saya enggak harus beli kuas lagi dan lagi buat mencocokkan kegunaannya. Awalnya saya kepingin beli brush RT yang sudah terkenal bagus, tapi lagi-lagi balik masalah harga yang lumayan menguras dompet. Akhirnya saya urung beli dan cari alternatif lain. Akhirnya pilihan saya jatuh pada Mineral Botanica Brush Set setelah melihat review dari Beauty guru junjungan akoh, Kak Suhay Salim yang pernah review brush set ini.

Kuas makeup dari Mineral Botanica ini memang asli sangat terjangkau dari segi harga dan juga kualitas. Teman-teman yang lagi bingung mau beli brush, wajib baca review ini sampai selesai ya *maksa dikit gapapa lah ya*.

Mineral Botanica Brush Set

Mineral Botanica atau Mica brush set terdiri dari 10 buah kuas dan dari koleksi Studio Series ada 2 jenis brush. Untuk 10 buah kuas dari set biasa terdiri dari brush untuk complexion, eye makeup, dan lip makeup. Secara umum memang cukup lengkap apalagi bagi yang baru belajar makeup kaya saya. Satu set brush Mica terdiri dari apa saja sih?

pretty-moody.blogspot.co.id
Detail Mineral Botanica Brush

Kemasan:

Setiap brush set Mica dibungkus dengan case kain berwarna coklat yang berfungsi sebagai brush holder. Di dalam case kain sudah ada tempat untuk setiap brush dan ada satu space kosong untuk brush yang studio series. Di bagian atas case, ada selembar plastik yang berfungsi untuk menutup bagian atas brush agar tidak terkena debu secara langsung. Selain itu, setiap brush juga dibungkus dengan plastik. Saya secara pribadi suka dengan case brush ini karena praktis banget, mau disimpan ataupun travelling enggak ada masalah. Selain itu, casenya juga simple dan kesannya rapi dan bersih.

Detail Mineral Botanica Brush

Mineral Botanica Brush Set ini terdiri dari 10 kuas untuk makeup dasar. Memang brush ini cocok banget buat beginner yang masih belum bisa banyak teknik bermakeup. Tapi kalau skill makeup sudah level dewa, kuas ini akan semakin bagus dan membantu dalam pengaplikasian riasan. Jadi, kuas apa saja yang terdapat dalam set ini?

pretty-moody.blogspot.co.id
10 kuas Mineral Botanica
Brush Set Mica terdiri dari kuas untuk wajah/complexion, eye makeup, lip makeup, dan juga eyebrow kit. Biasanya kalau kita beli set makeup yang seperti ini dapatnya mayoritas kuas eyeshadow saja kan tanpa blending brush atau contour brush. Nah, Mica ini beda girls, brush set kuasnya hadir dengan fungsi yang lebih lengkap yang gak kita temuin di brush set seharga begini. Tapi sebelum saya jelaskan detail brush-nya, saya mau jelasin dulu tentang kualitas brush.

Kuas makeup dari Mica ini berwarna coklat seperti model bamboo brush gitu tapi terbuat dari plastik yang ringan dengan label merk di bagian sampingnya. Meskipun bentuknya besar seperti yang powder brush, tapi kuas ini ringan karena gagangnya terbuat dari plastik. Saya sih enggak masalah sama gagangnya, yang penting sambungan antara gagang dan bagian kuasnya itu rapet. Saya pernah punya kuas yang sambungannya itu enggak rapet, jadi waktu dipakai mendadak copot. Its trully annoying. Selain itu, gagang kuas ini juga pas banget panjangnya; enggak kependekan atau kepanjangan. Saya punya kuas eyeshadow yang lebih panjang dari ini dan ketika dipakai malah natap dikaca.

pretty-moody.blogspot.co.id
Detail Brush Mineral Botanica
Bagian bulu kuasnya merupakan bulu sintetis yang halus dengan gradasi warna hitam abu dan putih dibagian ujungnya. Saya memang lebih memilih kuas sintetis dari pada kuas dari bulu asli karena cruelty free dan pastinya halal. Kuas dari bulu asli biasanya dibuat dari rambut baik hewan maupun manusia. Bahkan untuk yang terbuat dari bulu atau rambut hewan, cara pembuatannya ada yang kejam banget dengan sengaja mencabuti bulu hewan yang masih hidup. Lalu mereka dibiarkan lagi sampai bulunya tumbuh dan kemudian dicabut lagi. Proses yang kurang lebih cruel itu juga terjadi untuk produk lain yang berbulu-bulu seperti jaket bulu dan lain sebagainya.

Selain dari alasan cruelty free, brush sintetis lebih mudah dibersihkan daripada yang terbuat dari bulu asli. Untuk pemakaian seperti aplikasi produk berbentuk powder maupun cream lebih mudah pakai kuas yang sintetis. Dengan kata lain, kuas Mica ini gampang banget dicucinya meskipun pakai produk cream. Setelah dicuci pun, kuas Mica ini enggak rontok ataupun njeber dan tetap kembali ke bentuk semua. Saya sudah cuci beberapa kali dan hasilnya tetap bagus, lembut, dan bentuknya tidak berubah. Nah, berikut ini penjelasan tentang detail fungsi brush.

pretty-moody.blogspot.co.id
Face brush Mineral Botanica

Powder brush:

Powder brush ini bentuknya yang paling besar dengan bulu paling lebat. Yang saya suka dari powder brush ini adalah bulunya yang padat atau dense sehingga untuk aplikasi bedak bisa merata dan hasilnya bagus. Dengan ukurannya yang besar, pakai bedak pun enggak butuh waktu lama 5 detik pun sudah kelar. Eh, bisa juga loh dipakai nyanyi-nyanyi gak jelas gitu dikamar, anggap aja lah ini mic. Bulu powder brush ini bentuknya bulat dan gendut gitu. Dan yang penting bulunya lembut.

Contour brush:

Contour brush ini bentuknya sedikit lebih kecih dari powder brush dan bentuk bulunya miring atau angled. Bentuk kuas yang model begini memang cocok banget buat aplikasi contour atau blush di pipi. Contour-nya bisa on fleek lah kalau bahasa gaulnya dan enggak cemong-cemong gitu. Selain buat contour, kuas ini juga bisa digunakan untuk aplikasi blush juga loh. Tapi antara blush dan contour harus dipisah ya, maksudnya kalau dipakai buat contour ya contour aja. Jangan dipakai buat contour dan blush dalam satu waktu karena warnanya bisa nyampur. Kecuali memang teman-teman suka warna blush yang kecoklatan karena kecampur dengan contour.

Concealer brush:

Concealer brush ini bentuknya pipih hampir mirip dengan foundation brush tapi ukurannya lebih kecil. Kuas model begini bisa dipakai buat mengambil concealer dari pan atau membaur concealer di wajah. Saya biasanya pakai untuk ambil concealer dan kemudian blend di wajah.

pretty-moody.blogspot.co.id
Eye makeup brush Mineral Botanica

Pointed Eyeshadow Brush:

Jenis kuas ini ukurannya kecil dengan bentuk kuas yang padat dan meruncing dibagian ujung. Kuas ini berguna untuk aplikasi eyeshadow dibagain yang perlu detail seperti di outer V atau inner corner. Selain itu, model brush begini bisa juga dipakai untuk blending apalagi bulunya padet.

Nose Shading Brush:

Nose Shading Brush ini bentuknya hampir seperti contour brush tapi ukurannya lebih kecil. Selain itu kuasnya juga sedikit melebar di bagian ujungya. Bentuknya pas banget untuk aplikasi shading di hidung. Buat blend contour hidung juga bisa.

Small-angled brush:

Small angled brush ini bisa dipakai untuk mengisi alis, aplikasi eyeliner gel, ataupun buat eyeliner di bawah mata. Kuasnya menurut saya masih sedikit kepanjangan dan sedikit letoy kalau untuk eyeliner. Tapi buat aplikasi eyeshadow pun masih oke apalagi yang perlu aplikasi detail.

pretty-moody.blogspot.co.id
Eye makeup brush Mineral Botanica

Blending Brush:

Blending brush ini ukurannya besar dan bulunya fluffy padat. Kalau dipakai buat blending
eyeshadow pas banget. Ujung kuas ini bentuknya bulat atau rounded, jadi selain buat blending brush juga bisa dipakai buat highlight hidung. Saya sih biasanya begitu.

Lip Brush:

Kuas untuk bibir ini ada plastik khusus buat melindungi kuasnya agar case enggak belepotan lipstick. Kuasnya kecil, lancip, dan padet. Untuk aplikasi lipstick enak banget, sekali swipe bisa merata gitu, Biasanya kuas bibir kan bulunya tipis banget. Saya enggak telaten kalau pakai kuas model begitu soalnya bisa lama beud pakai lipsticknya.

Mascara brush/spoolie:

Sama seperti set kuas dengan harga terjangkau lainnya, pasti dapat spoolie ini. Spoolie Mica ini bentuknya pas, enggak kegedean atau pun kecil banget dan agak sedikit bengkok. Kuas ini bisa dipakai buat aplikasi mascara ataupun membaur eyebrow. Suka-suka temen-temen deh mau dipakai untuk aplikasi apa karena beda orang beda kebiasaan ya.

Eyebrow brush & comb:

Kuas ini juga selalu dapat ya dari kuas set yang harga terjangkau. Saya sudah punya dua yang model begini meskipun jarang saya pakai. Saya sih kalau blending eyebrow lebih suka pakai spoolie. Tapi kuas Mica ini brushnya enggak terlalu keras ataupun letoy. Kalau dibuat blending eyebrow bisa banget.

Mineral Botanica Studio Series Angled Brush

Selain brush set diatas, Mica juga mengeluarkan brush varian Studio Series. Varian yang ini adalah line professional dari Mineral Botanica. Ada beberapa produk yang Mica Studio Series ini seperti lipstick, foundation, dan juga brush. Untuk seri kuas, terdapat dua jenis brush Studio Series yaitu flat foundation brush dan angled foundation brush. Flat foundation brush itu yang bentuknya pipih dan angled foundation brush yang bentuknya bulet dan ujungnya rata.

pretty-moody.blogspot.co.id
Mineral Botanica Studio Series
Tampilan brush Studio Series ini berbeda dengan brush set yang diatas. Bisa dilihat kalau brush yang seri ini lebih berkesan professional dan classy dengan gagang hitam. Bagian kuasntya masih terbuat dari bahan sintetis dengan gradasi warna sama dengan seri yang set. Kuas ini bulat dan bentuknya rata dan sedikit miring. Untuk aplikasi foundation, kuas model begini pas benget dan bisa bikin foundie flawless. Apalagi dengan kuasnya yang super padat dan lembut, aplikasi foundie makin gampang lagi.

Sebenarnya ada sih kuas model begini yang unbranded di toko kosmetik. Tapi beda harganya tipis banget dengan Mica ini. Jadi kalau dipikir-pikir jelas Mica ini value for money banget. Beda harga dikit dengan yang unbranded gak masalah yang penting kualitasnya bagus. Untuk kuas yang studio brush ini dijual per biji ya.

Overall, saya suka banget dengan kuas dari Mica ini baik yang set maupun yang studio series dari segi bahan, kuas, gagang, dan juga harganya. Kuas set begini membantu banget buat saya yang lagi belajar makeup tanpa perlu beli kuas set yang mahal.

Pros:

  • Harga terjangkau
  • Kualitas bagus
  • Kuas lembut
Cons: 
  • Belum ada sih sejauh ini. 
Recommended: Yes, buat beginner ataupun yang sudah pro dan pengen kuas makeup terjangkau

Repurchase: Dengan kualitas begini mah bakalan awet pake banget.

Harga: Brush Set sekitar 165 ribu dan studi brush sekitar 50 ribuan. 

Sekian review kali ini. Jangan lupa komen kuas apa sih favorit kalian dan juga follow blog saya ya biar enggak kelewatan update terbaru. Thanks for reading. See you in the next post. 

20 comments:

  1. Beli brushnya dmn kak? Di malang kayaknya belom ada konter mica

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mey,

      Di malang counter Mica sudah ada di Toko Raya sama Aster. Aku beli brushnya di Toko Raya sih. Kalau di mall-mall memang belum ada.

      Thanks

      Delete
    2. Toko raya itu daerah mana ya kak kalo boleh tau

      Delete
    3. Halo, Toko Raya itu di Pecinan, arah ke Pasar Besar.

      Delete
  2. Ahaaa saya punya nih brush setnya,yang studio aja yang belum kelirik untuk dibeli hihi

    https://isthiud.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, yang studio series malah menolong banget buat aplikasi foundie. Lebih enak pakai ini dari pada beauty blender.

      Makasih ya sudah mampir

      Delete
  3. OMG, aku baru tahu MiCa keluarin brush XD, thanks for the info! Anyway, mind to follback my blog? :)



    heartofbluebells.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Angeline, Yuk yuk dicobain, brush Mica ini enggak kaya brush set abal-abal yang kualitas rendah gitu. Lumayan buat investasi.

      Delete
  4. Aaaah mau beli ini ga jd terusss 😢
    Pdhl harganya terjangkau sih..

    https://coretantanganwinda.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ayuk beli, lumayan buat investasi brush.

      Delete
  5. Aku baru punya yang studio series nya
    Suka sih.. Jadi pengen nyobain yang set nya juga jadinya :)

    www.mykittybeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ayurifa, lumayan banget loh yang studio series apalagi kalo budget lagi pas-pasan buat beli yang brand impor atau brush satuan.

      Delete
  6. Kuas ini kalo habis di cuci pas kering jadi kaku nggak ya? Kuasku begitu soalnya :') mau ganti, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bella, Kallau kuas Mica ini tetep lembut meski habis di cuci. Punya ku udah ku cuci berkali-kali kok. masih enak dipakainya.

      Delete
  7. kak beli produk mineral botanicanya kalo online dimana ya?
    reviewnya bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kamu bisa lihat di official website mineral botanica atau IG Mineral botanica ya.

      Delete
  8. kak beli produk mineral botanicanya kalo online dimana ya?
    reviewnya bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di website atau IG mineral botanica ya

      Delete
  9. Hai kk, salam kenal sebelumnya. Aku setuju banget kak, emang brush set mica ini bagus banget. Lembut dan enak dipakai.

    Oiya kk, kalau ada waktu silahkan singgah di blog aku ya. Siapa tau ada kita bisa jadi temen dan tukar pengalaman gitu kak. Jangan sungkan untuk kasih sharing dan komentarnya ya kk. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih apresiasinya. Btw blognya bagus dan isinya lengkap. thanks

      Delete