Jumat, 03 Maret 2017

Mengenal Ragam Warna dan Deskripsinya

Hello peeps,

Beberapa waktu yang lalu, dunia maya dihebohkan dengan hashtag #TheDress dimana ada sebuah gaun yang menjadi perbincangan karena warnanya. Gaun tersebut mempunyai warna yang berbeda-beda untuk setiap pengguna internet. Bahkan, para artis Hollywood pun ramai-ramai berkomentar tentang gaun tersebut. Di post kali ini saya sih bukan mau bahas masalah gaun tersebut sih, tapi membahas tentang ragam warna dan deskripsinya. 

Kadang kita menemui kesulitan untuk mendeskripsikan warna seperti antara warna teal dan tosca atau coklat dan coffee. Biasanya kita dihadapkan dengan kesulitan semacam ini ketika mendeskripsikan warna eyeshadow atau lipstick, apalagi yang tidak mempunyai deskripsi warna dari pabriknya. Untuk review eyeshadow misalnya, saya biasanya bingung kalau memberi deskripsi warnanya. Ternyata oh ternyata, varian warna yang beragam itu punya nama sendiri-sendiri loh. Demi dewa pencipta warna, berikut ini saya berikan gambaran singkat tentang ragam warna dan deskripsinya yang saya dapet dari Pinterest.

Ragam Warna dan Deskripsinya

color chart, diagram warna, deskripsi warna
Color chart sumber: Pinterest
Gambar diatas merupakan varian warna kuning, cream, putih, hijau, dan turunanya. Bila selama ini kita hanya mengenal kuning saja, ternyata kuning pun punya banyak varian warna dengan nama yang berrbeda. Meskipun warnanya ada yang agak mirip-mirip, seperti putih dan turunannya; tapi semuanya mempunyai nama yang berbeda. Seperti salt, lace, dan coconut yang buat saya sama tapi ternyata mereka berbeda. Sama halnya dengan warna hijau dan turunannya. Selama ini saya pikir hijau hanya ada hijau tua, hijau muda, dan hijau daun *Eh*. Tapi ternyata beda ada warna seafoam dan pickle juga.

color chart, ragam warna, deskripsi warna, color description
Color Chart Sumber: Pinterest
Gambar diatas merupakan klasifikasi untuk warna merah, ungu, abu-abu, dan turunannya. Golongan warna ini biasanya paling tricky terlebih untuk mendeskripsikan warna lipstick dan eyeshadow karena ternyata fuscia dan magenta itu berbeda sodara. Saya pernah loh waktu pengen beli lipstick warna fuscia gitu ternyata sama mbak BA-nya malah dikasih lipstcik warna magenta yang sangat enggak cocok di bibir saya. OK, that's random but I like the word magenta. Selain itu ternyata warna abu-abu atau grey juga punya banyak turunan dengan shade yang berbeda-beda pula.

color chart, ragam warna, color description, deskripsi warna
Color Chart Sumber: pinterest
Warna-warna pada gambar diatas biasanya muncul pada ragam eyeshadow dengan dominasi warna tanah atau earthy color. Siapa sangka bila coffee dan mocha adalah dua warna yang berbeda dan teal dan sapphire juga merupakan warna berbeda. Lebih tricky lagi untuk warna hitam dan turunannya yang semuanya hampir sama dan tidak ada beda.

Meskipun warna-warna diatas sekilas terlihat sama tapi mereka berbeda apalagi bila sudah diaplikasikan dalam dekorative makeup. Emang penting ya belajar warna gini? Buat saya penting karena untuk review makeup dekoratif sebaiknya memberikan deskipsi warna yang detail dan namanya pun sesuai. Dengan beberapa penjelasan singkat diatas, semoga teman-teman dapat pengetahuan baru ya dan lebih bisa mendeskripsikan warna.

sekian post kali ini. Jangan lupa komen warna favorit kalian apa. See you in the next post.

XOXO



2 komentar:

  1. Seru nih kalau review lipstik untuk deskripsikan warnanya biar lebih gampang. Tapi nggak semua juga tau nama2 itu yaa. Contohnya aku yang sampai melongo ngeliat nama2 dan warnanya yang mirip2 (apalagi warna hitam).

    aaaah keren postingannya, informatif bangeet :D

    www.vidazenitha.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Vida,

      Awalnya aku juga melongo lihat daftarnya, tapi kalau dipikir-pikir berguna juga buat deskripsi warna eyeshadow. Kadangkan ada eyeshadow yang warnanya mirip-mirip gitu. Makasi ya sudah mampir.

      Hapus